PERINGATI HARI STATISTIKA NASIONAL, HIMASTA FMIPA UNTAN GELAR SEMINAR NASIONAL

Pontianak – Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (Fmipa Untan) gelar Seminar Nasional untuk memperingati Hari Statistika Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September ini. Sekaligus membuka rangkaian Pestanas 2019, seminar ini dilaksanakan di Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura, Minggu (14/09/2019).

Seminar Nasional yang bertemakan “Big Data Analytics for Research Excellence” ini merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan Pestanas 2019. Berbagai kegiatan akan dilakukan dengan tetap berbasis kebudayaan dan lingkungan.

Seminar ini dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai instansi seperti Yuni Rosdiah,  S.IP.,M.Si yang mewakili Walikota Pontianak, serta Ir. Sukaliman, MT sebagai perwakilan Gubernur Kalimantan Barat.

Seminar Nasional ini dihadiri oleh 163 peserta dengan pemateri Ir. Aulia Arfiansyah Arief, M.Si., dari BKKBN, Neng Sri Banonjaya dari Bank Indonesia serta Gempur Safar dari PT Cartenz Technology Indonesia. Para pemateri memberi pandangan berbeda terkait statistika dan prospek kerja bidang statistika.

Kegiatan ini juga diapresiasi karena menunjukan kebudayaan Kalimantan Barat, seperti pengisi acara yang kompak menggunakan pakaian adat melayu serta penampilan Budi Harun Project yang melantunkan lagu-lagu suku dayak.

“Pendapat saya sebagai mahasiswa nonstatistik acaranya menarik, karena sudah dikemas sedemikian rupa dengan basis lingkungan dan kebudayaan, sehingga saya sebagai peserta seminar merasa tidak seperti seminar biasa yang banyak menggunakan plastik sebagai wadah air mineral atau wadah snack, tetapi dalam acara itu kita menggunakan Tumblr pribadi dan menggunakan wadah snack dari kertas sehingga dapat membantu mengurangi sumber sampah plastik. Kemudian dari basis budaya, konsep acara bagus dimana budaya dari Kalbar ditampilkan kemudian penggunaan kain khas Pontianak juga di jadikan dekorasi, yang menurut saya itu merupakan suatu bentuk pengenalan terhadap tamu-tamu non-Kalbar sekaligus kebanggaan orang Kalbar karena punya budaya seperti itu” ungkap Nizam, salah satu peserta Seminar Nasional.

Seminar Nasional ini merupakan satu dari berbagai rangkaian acara Pestanas 2019. Acara lainnya yaitu Statistik Competition (Stacom), Info Hari Statistik Nasional (Irisan), Lomba Akustik (Batik), Kuliah Umum, Pesta Rakyat serta Ceremony. Berita ini telah tayang di website fakultas mipa untan : mipa.untan.ac.id