WEBINAR SOSIALISASI PRODI STATISTIKA FMIPA UNTAN 2021

Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) adakan webinar sosialisasi prodi untuk siswa/i SMA sederajat di Kalimantan Barat. Acara sosialisasi berlangsung daring di Aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung di Channel Youtube Statistika Untan, Selasa (16/3/2021).

Membuka acara webinar, Dekan Fakultas MIPA Untan menyambut baik cara sosialisasi yang disampaikan oleh Prodi Statistika FMIPA Untan ini. 

“Alhamdulillah ini adalah kesempatan untuk kita semua bersilaturahim, dimana nanti kita bisa bercerita apa itu Prodi Statistika. Sosialisasi ini ditujukan kepada bapak ibu guru di sekolah dan murid agar dapat menetukan statistik sebagai pilihan studinya di perguruan tinggi,” ujar H. Afghani Jayuska, S.Si., M.Si.

Meski sudah ada sekolah tinggi statistika di pusat, Beliau mengatakan pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bidang statistik masih belum terpenuhi. Ia pun senang dengan kehadiran Prodi Statistika di Fakultas MIPA Untan karena prodi tersebut dapat mewujudkan pemenuhan SDM yang dikatakannya tadi.

Sesi penyampaian materi sosialisasi dipandu oleh Ray Tamtama, S.Si., M.Si. Materi pertama diterangkan oleh Ketua Prodi Statistika FMIPA Untan, Naomi Nessyana Debataraja, M.Si. Sebelum sesi materi berlangsung, diputarkan video profil program studi yang melahirkan satistiti ini. 

Membuka materinya, Magister Sains dari Institut Teknologi Bandung itu memamparkan top 10 pekerjaan yang akan banyak dicari pada tahun 2022 nanti.

“Pada tahun 2022, top 10 teratas bidang pekerjaan itu, Data Analist dan Scientists menempati urutan pertama. Sementara itu, urutan keenam ditempati oleh Big Data Analiyst. Nah, teman-teman statistika itu berperan didalamnya,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, bila calon mahasiswa baru tertarik menjalani dua pekerjaan statistika di atas itu memilih Prodi Statistika adalah pilihan yang tepat saat ini.

Profil lulusan yang ada di prodi itu juga relevan dengan pekerjaan yang dipaparkannya. Ada 3 bidang studi yang menjadi fokus keilmuan dan profil lulusan di Prodi Statistika, meliputi Bisnis dan Keuangan, Sosial dan Industri, Lingkungan dan Kebencanaan.

“Kalau adik-adik SMA senang menghitung duit pilihan tepatnya adalah di bidang minat bisnis dan keuangan,” ulasnya.

Kemudian, materi kedua disampaikan oleh Dea Pradita S.Stat, alumni Prodi Statitika FMIPA Untan angkatan 2014. Data Analyst di Data Analytic Room Kalbar itu menjelaskan tujuan dibentuknya lembaga analisis data yang digagas oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. Tujuan tersebut diantaranya adalah mendorong Kalbar sebagai provinsi yang terbuka datanya, membentuk portal pengumpulan data agar Kalbar satu data, membentuk dan mengolah data dalam bentuk yang lebih menarik, dan menjadikan data sebagai penentu kebijakan di Kalbar.

Setelah itu pemaparan materi ketiga dibawakan oleh Joannes Fregis Philosovio Anugrahu, mahasiswa berprestasi dari Prodi Statistika FMIPA Untan yang fokus di bidang kompetisi debat. Salah satu capaian prestasi terbaiknya di ajang debat ialah menjadi pembicara kedua National University Debating Competition (NUDC) 2020 di tingkat Untan.

Setelah sesi tanya jawab peserta, acara diakhiri dengan game kuis dari panitia.