HIMASTA FMIPA UNTAN GELAR STATISTIC COMPETITION 2021

Himpunan Mahasiswa Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) menggelar Statistic Competition (Statcomp) 2021. Berlangsung daring via Zoom Meeting, acara resmi dibuka oleh Dekan FMIPA Untan, Bapak Dr. Gusrizal, S.Si, M.Si.

Statcomp merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional yang dimuat dalam rangkaian kegiatan PESTANAS (Peringatan Hari Statistik Nasional) oleh Program studi Statistika FMIPA Untan. Statcomp terdiri dari 3 babak yaitu selekda (seleksi daerah), semifinal, dan final.

Peserta Statcomp merupakan siswa/i tingkat SMA/MA/SMK Sederajat se-Kalimantan Barat dan Kabupaten Natuna. Setiap tim terdiri atas dua orang dari sekolah yang sama, tidak ada batasan jumlah perwakilan tim dalam 1 sekolah. Pada tahun ini, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan statcomp sebanyak 280 orang yang tergabung dalam 140 tim.

Pendaftaran Statcomp dibuka pada tanggal 1-24 agustus dengan 2 gelombang, gelombang 1 (1-12 Agustus 2021) dan gelombang 2 (13-24 Agustus 2021). Seleksi daerah (Selekda) sekaligus pembukaan acara dilaksanakan pada Sabtu, 28 Agustus 2021, kemudian akan dilanjutkan dengan tahap semifinal pada 4 September 2021, dan terakhir tahap final yang akan dilaksanakan pada 18 September 2021.

Pengerjaan soal pada tahap selekda dan semifinal dilaksanakan melalui platform aplikasi e-ujian. Final dilaksanakan via online dengan Zoom Meeting, peserta sebelumnya akan diberikan data untuk pembuatan infografis yang nantinya akan dipresentasikan dan dinilai oleh juri.

Dari tahap selekda terpilih 3 tim dari tiap daerah yang akan melanjutkan seleksi di tahap semifinal. Total peserta yang akan melanjutkan ke semifinal sebanyak 41 tim. Untuk informasi pemenang pada tahap selekda dapat dilihat di Instagram Pestanas @official.pestanas.

Kegiatan berjalan dengan lancar, walaupun masih ada beberapa peserta yang mengalami kendala seperti tidak bisa log in, namun hal tersebut dapat segera diatasi. (Panitia PESTANAS 2021)