Himasta adakan Statistics Competition (Statcom) Tahun 2023

Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional 2023, Himpunan Mahasiswa Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) mengadakan Statistics Competition (Statcom) 2023. Rangkaian kegiatan Statcom resmi dibuka pada hari Sabtu, 23 September 2023 oleh Dekan FMIPA Untan, Bapak Dr. Gusrizal, S.Si, M.Si.

Statcom merupakan suatu lomba bidang studi matematika statistika yang dimuat dalam rangkaian kegiatan Pestanas (Peringatan Hari Statistik Nasional). Peserta Statcom merupakan siswa/i tingkat SMA/MA/SMK Sederajat se-Kalimantan Barat dan Kabupaten Natuna. Setiap tim terdiri atas dua orang dari sekolah yang sama, tidak ada batasan jumlah perwakilan tim dalam 1 sekolah. Pada tahun ini, kegiatan Statcom mengusung tema “Bersama Statistika, Tumbuhkan Generasi Muda sebagai Agen Perubahan” dengan subtema ekonomi dan sosial. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 594 orang yang tergabung dalam 297 tim.

Pendaftaran Statcom dibuka pada tanggal 1 – 20 Agustus 2023 untuk gelombang pertama dan tanggal 21 Agustus – 14 September 2023 untuk gelombang kedua. Statcom terdiri dari 3 babak yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Penyisihan dilaksanakan pada Sabtu, 23 September 2023. Kemudian, dilanjutkan dengan tahap semifinal pada Minggu, 24 September 2023. Pengerjaan soal pada tahap penyisihan dan semifinal dilaksanakan melalui platform aplikasi E-Ujian dengan pemantauan melalui aplikasi Zoom Meeting. Terakhir, pada Sabtu, 30 September 2023, dilaksanakan tahap final berupa presentasi infografis secara luring di Gedung Kuliah Bersama B, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Dari tahap penyisihan, diambil 3 tim dari setiap kabupaten/kota serta 15 tim dengan nilai tertinggi di luar 3 tim terbaik masing-masing daerah. Kemudian, dari total 60 tim yang lolos ke tahap semifinal, diambil 10 tim terbaik untuk melaju ke tahap final. Pada akhirnya, diambil 3 tim pemenang, yang diumumkan pada kegiatan Closing Ceremony Pestanas 2023. Untuk pengumuman ini juga dapat dilihat di akun instagram Pestanas @official.pestanas.