Kuliah Umum Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Prodi Statistika Untan

Dalam rangka peningkatan kinerja bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (Untan) menyelenggarakan kuliah umum pada hari Jumat, 27 Oktober 2023 dengan tema “Peningkatan Luaran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat selain Publikasi Ilmiah Bidang Statistika.” Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan manfaat kepada peserta untuk mempublikasikan buku ber-ISBN serta melindungi karya/inovasi dalam dunia akademisi khususnya bidang statistika.

Kuliah umum ini diselenggarakan secara hybrid di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Baru FMIPA Untan dan melalui Zoom Meeting. Kuliah umum ini dihadiri oleh  134 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa baik di dalam Universitas Tanjungpura maupun di luar Universitas Tanjungpura, serta masyarakat umum. Rangkaian kegiatan kuliah umum dibuka oleh Ayu Astuti selaku MC, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan oleh Dr. Gusrizal, S.Si., M.Si selaku Dekan FMIPA Untan, pembacaan doa oleh Ray Tamtama, M.Si. (Dosen Prodi Statistika Untan), foto bersama, pembacaan CV pemateri dan moderator, penyampaian materi, tanya jawab, penyerahan sertifikat pemateri dan moderator, dan diakhiri dengan penutup.

Narasumber pada kuliah umum ini yaitu Prof. Dr. rer. nat. Dedi Rosadi, M.Sc (Guru Besar Prodi Statistika Universitas Gadjah Mada) dengan materi yang dibawakan yaitu “Tips dan Trik Menulis dan Mempublikasikan Buku di Penerbit Lokal Universitas dan Nasional”, dan Dr. Di Asih I Maruddani, M.Si. (Dosen Prodi Statistika Universitas Diponegoro) dengan materi yang dibawakan yaitu “Proses Pengajuan/Perolehan HKI dan Paten”, serta dipandu oleh moderator yaitu Ir. Dadan Kusnandar, M.Sc., Ph.D. (Dosen Prodi Statistika Untan). Kuliah umum ini berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti.