Rangkai Ikatan Bersama Himasta Berkunjung

Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) kembali menggelar salah satu program kerja rutinnya yaitu kunjungan antara Himasta dengan instansi/Lembaga lain yang biasa disebut dengan “Himasta Berkunjung” atau disingkat Master. Master kali ini merupakan Master yang pertama diadakan Himasta periode ini. Pada Master pertama ini, Himasta berkesempatan untuk berkunjung ke Himpunan Mahasiswa Psikologi dari Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Master sendiri merupakan program kerja Bidang Sosial Informasi khususnya divisi Sosial Masyarakat. Program Kerja Master ini jika didefinisikan ialah kegiatan kunjungan ke Lembaga atau instansi untuk sharing dan berdiskusi, serta menjalin silaturahmi dan kerja sama antara Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) FMIPA Universitas Tanjungpura dengan Lembaga atau instansi yang akan dikunjungi serta saling bertukar ide dan pengalaman. Menurut Wani selaku Ketua Umum Himasta, kegiatan Master ini dinilai sangat baik untuk dilakukan, karena selain dapat memanjangkan tali silaturahmi antara Himasta dengan Lembaga atau instansi lain, kegiatan ini juga diharapkan dapat membuat kita selaku pengurus Hima lebih termotivasi atau menambah ide kita dalam menjalankan program kerja.

Master yang diadakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2023 di Universitas Muhammadiyah Pontianak ini dihadiri oleh pengurus Himasta FMIPA Untan dan Himapsi UM Pontianak dengan total peserta 65 orang dengan 37 orang dari pengurus Himasta dan 28 orang dari pengurus Himapsi. Kegiatan dimulai jam 10 pagi dengan kata sambutan dari Ketua Umum masing-masing Hima, pembacaan doa, pemaparan program kerja masing-masing Hima, diskusi antar Hima, games, dokumentasi bersama, dan penutup.

Adapun inti dari kegiatan ini adalah pemaparan Program kerja dari masing-masing Hima dan kemudian dilajutkan dengan sesi diskusi. Pemaparan program kerja dilakukan oleh Ketua Umum Himapsi dan Ketua Umum Himapsi. Para ketua umum mempresentasikan program kerja masing-masing Hima dengan harapan dapat memberikan informasi dan wawasan mengenai program kerja yang tidak ada atau berbeda dengan Hima mereka. Pada pemaparan ini tak lupa pula dilakukan perkenalan antar pengurus yang dipandu oleh masing-masing Ketua Umum. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan mempertemukan masing-masing bidang yang linear, misalnya Bidang Akademik Himasta dengan Divisi Riset Himapsi. Bagian ini berisi tukar pikiran, tanya jawab, dan diskusi mengenai program kerja masing-masing bidang atau divisi. Selain itu, pada bagian ini juga didiskusikan jika ada program kerja yang bisa di-collab-kan.

Agar suasana lebih rileks dan santai, diselipkan pula sesi games yang berisi games tebak gambar. Agar tetap membaur maka dibuatlah kelompok untuk bermain games ini yang mana tiap kelompok berisi pengurus Himasta dan Himapsi. Sebagai hasilnya, Kelompok 1 keluar sebagai pemenang. Games ini juga membuat komunikasi antar hima menjadi lebih banyak dan santai sehingga rasa canggung juga berkurang. Kemudian kegiatan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Himasta ke Himapsi dan sebaliknya lalu dokumentasi bersama.

Berjalannya acara ini juga tidak lepas dari antusiasme Himapsi mulai dari rapat pertama hingga kegiatan berlangsung. “Himapsi juga menyambut hangat maksud kami dan sangat solutif selama diskusi mulai dari rapat koordinasi pertama sehingga memudahkan proses kegiatan ini” Kata Arla, selaku Kepala Divisi Sosial Masyarakat Himasta. 

Ketua Umum Himasta, Wani berharap semoga ini tidak kali terakhir Himasta dapat berkolaborasi dengan Himapsi.  “Alhamdulillah kesan kami dengan Himasta baik, program kerja ini juga salah satu hal  baru untuk kami karena dari Himapsi sendiri tidak memiliki program kerja yang serupa. Tapi dari Himasta dapat menjelaskan program kerja ini dengan baik sehingga kami dapat mengerti. Harapannya, semoga kedepan terjalin Kerjasama kembali dengan komunikasi yang juga lebih sehingga dapat mengurangi miss communicaton  antar pihak yang bekerja sama” Kata Putri Anisa selaku Ketua Umum Himapsi.