Kolaborasi HIMASTA – Bakti Peduli Sosial 2023/2024

Bakti Peduli Sosial merupakan kegiatan untuk membantu sesama sebagai wujud rasa kemanusiaan demi menumbuhkan rasa kepedulian sosial antar sesama manusia. Bentuk kegiatan berupa mengumpulkan dan menyalurkan donasi kepada pihak yang membutuhkan serta melakukan aksi sosial. Pada periode 2023/204 ini, Himasta melaksanakan tiga kali kegiatan BPS dengan berkolaborasi bersama 2 instansi sosial dan 1 program kerja mandiri.

Bakti Peduli Sosial (BPS) pertama dilaksanakan pada Rabu, 3 April 2024 berkolaborasi dengan Rumah Yatim Pontianak. Pada kegiatan ini Himasta FMIPA Untan menyerahkan hasil donasi yang sudah terkumpul kepada pihak Rumah Yatim yang nantinya akan disalurkan kembali kepada saudara yang membutuhkan. Donasi yang dikumpulkan pada kegiatan ini berupa uang, sembako, pakaian layak pakai, dan alat tulis. Adapun dana yang dikumpulkan untuk donasi diperoleh melalui penjualan voucher donasi ke masyarakat sekitar khususnya lingkungan FMIPA Untan dengan nominal voucher sebesar 20.000; 25.000; dan 50.000 yang dapat dibeli secara offline pada staff bidang Sosial dan Informasi, atau dapat pula dengan mentransfer dana donasi ke akun yang telah disediakan. Donasi yang terkumpul dari voucher donasi sebesar Rp785.000, sembako berupa beras 40 kg, telur 12 krat, dan indomie 4 dus, serta pakaian layak pakai dan mainan. Semoga dengan adanya kegiatan donasi ini dapat membantu meringankan beban saudara kita yang membutuhkannya.

Bakti Peduli Sosial yang kedua dilakukan pada hari Minggu, 17 Maret 2024. Kegiatan kali ini berkolaborasi dengan Distribusi PSDM Himasta. Kegiatan yang dilakukan adalah Berbagi Ifthar. Dalam kegiatan ini di hadiri sebanyak 76 orang, yang dimana pihak Himasta dan kelompok distribusi PSDM sebagai relawan dalam mendistribusikan ifthar di beberapa titik jalan di Kota Pontianak. Dana yang dihabiskan untuk kegiatan ini yaitu sebesar Rp.294.000 yang berasal dari uang sumbangan perkelompok distribusi PSDM dan uang progja BPS.

Bakti Peduli Sosial yang ketiga merupakan kegiatan yang berkolaborasi dengan Berbagi Nasi Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024 di Taman Alun Kapuas. Kegiatan dilakukan pada saat bulan Ramadhan dengan membagikan takjil dan makanan gratis bagi orang yang lewat. BPS dihadiri oleh kepala bidang dan 6 anggota bidang Sosial Informasi Himasta yang turut serta membagikan Pada kegiatan ini Himasta membagikan 42 kotak takjil dan 100 kotak dari Berbagi Nasi Pontianak, sehingga total yang dibagikan adalah sebanyak 142. Kegiatan berlangsung dengan lancar, total waktu membagikan kurang lebih 30 menit.