KENALKAN STATISTIK KEMBALI KE SISWA SMAN 1 SUNGAI RAYA, HIMASTA FMIPA UNTAN GELAR SOSIALISASI PENGENALAN STUDI STATISTIK (SPSS)

Himasta FMIPA Untan kembali gelar Sosialisasi Pembekalan Studi Statistik (SPSS), salah satu program kerja unggulan bidang Sosial Informasi Himpunan Mahasiswa Statistika FMIPA Untan guna memperkenalkan program studi Statistik FMIPA Untan dan hal terkait lainnya kepada siswa-siswi SMA/MA sederajat di Kota Pontianak maupun luar Pontianak. Dalam gelaran SPSS yang kedua ini, Himasta FMIPA Untan menuju ke sekolah di luar Pontianak tepatnya di Kubu Raya, SMA Negeri 1 Sungai Raya. Sekolah yang sebenarnya telah menjadi tujuan Himasta FMIPA Untan pada tahun lalu, kembali menjadi tempat Himasta memijakkan kali untuk lagi lagi mengenalkan Statistik ke calon generasi penerus. Penyelenggaraan yang kembali dilakukan di SMA Negeri 1 Sungai Raya ini berlangsung bukan tanpa alasan. Melainkan, melihat besarnya dampak yang dihasilkan SPSS periode lalu di sekolah dalam mencetak mahasiswa-mahasiswa baru yang melanjutkan studi di Prodi Statistik Untan. 

SPSS kedua ini dilaksanakan pada Jum’at, 17 November 2023 pukul 08.00 hingga selesai dengan sistem penyelenggaraan secara offline, langsung di SMA Negeri 1 Sungai Raya. Sasaran pembekalan materi yang diberikan adalah siswa/i kelas 12 Jurusan IPA, dengan topik bahasan tentunya masih sama seperti SPSS sebelumnya, yakni seputar pengenalan terkait Statistik, kebermanfaatan statistik, urgensi masuk statistik, Program Studi Statistik Untan, hingga Himasta FMIPA Untan. Sosialisasi dilakukan dengan masuk ke kelas-kelas secara bergiliran dari 12 IPA 1 sampai 12 IPA 6. Untuk mempersingkat waktu, tim dari Himasta FMIPA Untan membagi menjadi 2 tim yang siap melakukan presentasi ke kelas yang dituju.

Pelaksanaan sosialisasi berlangsung lancar dan interaktif. Siswa/i dapat langsung bertanya terkait kebingungan hingga keraguan mereka baik terkait materi yang disampaikan maupun seputar perkuliahan yang kemudian langsung dijawab oleh Kakak/Abang Himasta FMIPA Untan. Selain itu, dilakukan sesi games untuk menarik perhatian siswa/i juga mempernyaman situasi dan kondisi pelaksanaan sosialisasi. Tak lupa diberikan apresiasi kecil-kecilan bagi mereka yang berani bertanya dan berhasil memenangkan sesi games yang diberikan. Di penghujung rangkaian, dilakukan sesi dokumentasi untuk dapat menjadi kenang-kenangan dan coretan baru di buku perjalanan Himasta FMIPA Untan Periode 2023/2024.